Seri Belajar Git Untuk Pemula

Git adalah salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk memberikan versi ke dalam kode yang kamu buat. Tentunya, untuk pemula, Git merupakan suatu alat yang sulit untuk dipahami, karena Git sendiri masi menggunakan CLI atau Command Line Interface untuk dapat menggunakannya.

Namun hal tersebut bukanlah suatu kekurangan, melainkan lebih ke menjadi kelebihan, karena dengan digunakannya CLI, maka kita bisa lebih menggunakannya dengan bebas.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi berbasis GUI atau Graphical User Interface yang bisa kamu gunakan untuk hal tersebut. Namun sebisa mungkin, kita harus memahami dasar dari Git Itu sendiri

Apa itu Git dan Bagaimana Cara Menginisialisasi Git

Git merupakan hasil karya dari Linus Torvald, yaitu sang kreator kernel linux. Kegunaan git ini sendiri pun tidak lain adalah untuk membuat versi dari kernel-kernel linux.

Untuk dapat memakai Git, langkah utama yang harus kamu lakukan yaitu membuat repositori lokal, yang dimana bisa kamu arahkan ke folder project kamu.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat menjalankan git init. Setelah itu, kamu dapat melakukan git status untuk meng-cek apakah Git sudah terinisialisasi atau belum

Cara Menambahkan File ke Git

Untuk memasukkan berkas atau source code kita ke repositori Git, kamu dapat menggunakan git add namafileNama file ini dapat kamu ganti dengan wildcard, misalnya untuk tanda titik, berarti kamu ingin menambahkan semua file yang belum kamu masukkan (unstaged changes). Untuk mengecek kembali file yang kita masukkan (staged changes), kamu bisa menggunakan git status kembali


Masih banyak konten yang dapat kamu tonton di situs Belajar Koding, seperti Cara Menggunakan Git Commit dan Git Log, Cara Git Add Remote dan Git Push, dan masih banyak lagi.

Untuk lengkapnya, kamu bisa kunjungi : Belajar Koding – Belajar Coding, Jadi Mudah!

Selamat jumpa di tutorial selanjutnya!